You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Proyek LRT Menunggu Pengesahan APBD Perubahan
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Proyek LRT Menunggu Pengesahan APBD Perubahan

Pemprov DKI Jakarta hingga kini masih menunggu pengesahan APBD Perubahan yang sedang diteliti dokumennya oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Imbasnya, sejumlah proyek belum bisa dilaksanakan lantaran belum cairnya APBD Perubahan, seperti proyek Light Rail Transit (LRT) dan Rusun Ujung Menteng.

Karena ada beberapa proyek yang menunggu APBD Perubahan

"DKI menanti hasil dari Kemendagri. ‎Karena ada beberapa proyek yang menunggu APBD Perubahan," kata Tuty Kusumawati, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI di Balai Kota, Senin (7/9).

Tuty mencontohkan, pembangunan proyek LRT dan Rusun Ujung Menteng yang akan dikerjakan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), harus menunggu dana Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) di APBD Perubahan.

DKI Kebut Pembangunan Infrastruktur Asian Games

"Ini diupayakan groundbreaking pada September," ujar Tuty.

Menurut Tuty, dokumen APBD Perubahan masih dibahas internal Kemendagri dan diharapkan bisa dicairkan pada pertengahan September ini. Apabila bisa demikian, rencana kegiatan dapat dimaksimalkan yang nantinya akan mempengaruhi penyerapan anggaran.

‎"Makin cepat penelitian, makin cepat pencairan anggaran. Kami perkirakan pada pertengahan September sudah bisa dicairkan," ungkap Tuty.

Tuty menjelaskan, APBD Perubahan tahun ini mengalami penurunan sekitar Rp 4 triliun dari Rp 69 menjadi Rp 65 triliun. Begitu juga dengan belanja daerah, dari Rp 63,65 menjadi Rp 69,60 triliun. Sementara dana pembiyaaan daerah mengalami kenaikan sekitar Rp 400 miliar, dari Rp 5,6 menjadi Rp 6 triliun.

"Penurunan disebabkan target pajak yang utama. Belanja langsung dikurangi Rp 1,5 triliun, misalnya underpass, flyover dan  rehab sekolah. Sementara belanja tidak langsung khususnya belanja pegawai dari Rp 19,3 menjadi Rp17.3 triliun," papar Tuty.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1220 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1115 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1046 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye915 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye844 personAldi Geri Lumban Tobing